Template by:
Free Blog Templates

Khamis, 30 Disember 2010

Banjir besar di MEKAH pada 30 Dec 2010



Banjir besar menewaskan seorang laki-laki dan tiga anak-anak di kawasan Mekkah Arab Saudi pada Kamis kemarin (30/12), karena air limbah yang tinggi menggenangi lalu lintas di pelabuhan Laut Merah dekat Jeddah, di mana 123 orang tewas dalam banjir tahun lalu.
Gubernur Mekkah, Pangeran Khaled Al-Faisal, melaporkan kematian itu dan menambahkan bahwa 200 orang lainnya telah diselamatkan dari banjir, kebanyakan diselamatkan dengan helikopter, menurut AFP.

Warga mendapatkan rumah mereka dikelilingi oleh air, yang di beberapa kabupaten air setinggi lutut orang dewasa dan sebagian lain hingga sampai ke pinggang.
Di Jeddah, beberapa jalan-jalan utama di timur dan selatan tergenang oleh air dan lalu lintas terhenti setelah puluhan mobil rusak, menurut koresponden AFP.

Jeddah, kota kerajaan terbesar kedua setelah Riyadh, dilanda banjir November lalu yang menewaskan 123 orang dan menyebabkan kerusakan parah.
Menurut angka resmi, ribuan keluarga kehilangan rumah mereka dalam banjir, yang menghancurkan sekitar 11.000 bangunan dan banyak kendaraan.

Mei lalu, Raja Abdullah Saudi memerintahkan tindakan hukum terhadap pejabat dan kontraktor untuk kegagalan tugas mereka, menyusul penyelidikan atas insiden ini.
Penyelidikan difokuskan pada faktor-faktor yang telah menyebabkan banjir, termasuk drainase yang tidak memadai dan konstruksi tidak terkendali di dalam dan sekitar kota.

Banjir November lalu diikuti oleh kampanye internet yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh penduduk yang mengeluh banyaknya korupsi dan perencanaan kota yang buruk.


sumber rujukan : EraMuslim

=============RENUNGAN=============


Video yang dapat diambil di youtube sebelum ini yang merakamkan hujan di Mekah



Ada setengah pihak yang berkata tak pelik jika Kaabah banjir kerana di sana memang tiada sistem perparitan atau pun longkang. Almaklumlah kawasan gurun. Tapi kalau kerap berlaku hujan di kawasan gurun pelik tak?

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails